Berita Kelurahan Tipes

Kelurahan Tipes
Tayang: 21-01-2022 11:08:14 Kategori: Surakarta Tag: #,
Kata musrenbang merupakan singkatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Kata musyawarah berasal dari Bahasa Arab yang menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. oleh karena itu, identik dengan diksusi di masyarakat / kelurahan tentang kebutuhan pembangunan daerah.    Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui Badan Perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran. Musrenbang di kelurahan dilaksanakan selama bulan Januari.    Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Proses Musrenbang juga terjadi di leval kecamatan dan kota demikian pula di provinsi dan nasional. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana suara warga bisa secara aktif mempengaruhi rencana anggaran kota dan bagaimana proyek-proyek pembangunan disusun.    Pada mulanya, Musrenbang diperkenalkan sebagai upaya mengganti sistem sentralistik dan top-down. Masyarakat di tingkat lokal dan pemerintah punya tanggung jawab yang sama berat dalam membangun wilayahnya. Masyarakat seharusnya berpartisipasi karena ini merupakan kesempatan untuk secara bersama menentukan masa depan wilayah. Masyarakat juga harus memastikan pembangunan yang dilakukan pemerintah sesuai dengan kebutuhan.
Tayang: 13-11-2021 10:00:00 Kategori: Surakarta Tag: #,
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghadiri dan meresmikan Pilar Perdamaian The Water of Peace dan Deklarasi Kelurahan Damai di Tipes, Serengan, Kota Surakarta, Sabtu, 9 Oktober 2021.
Tayang: 13-11-2021 10:00:00 Kategori: Surakarta Tag: #,
Kota Solo kini memiliki 20 kampung yang dicanangkan sebagai Kampung KB. Keberadaan Kampung KB ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung. "Sekarang di Solo sudah ada 20 Kampung KB. Jadi semua masalah yang ada bisa diintervensi gabungan menjadi multi sektor," ujar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, kemarin.
Tayang: 13-11-2021 10:00:00 Kategori: Surakarta Tag: #,
Sejarah Kampung Potrojayan di Serengan, Solo, yang Kini Jadi Sentra Pembuatan Blangkon
Tayang: 13-11-2021 10:00:00 Kategori: Surakarta Tag: #,
Salah satu Pembina dari Pos PAUD Kepodang bernama Ibu Bety mempunyai ide untuk mengelola lingkungan yang bersih dan sehat, setelah mengetahui kegiatan sosialisasi Bank Sampah di pertemuan PKK RW 05 Kelurahan Tipes Kota Surakarta yang dilakukan oleh SPEK-HAM