Tentang Kelurahan Tipes

Profil Kelurahan Tipes
Tentang Kelurahan Tipes

Kelurahan Tipes (bahasa Jawa: ꦠꦶꦥꦺꦱ꧀, translit. Tipès) merupakan salah satu diantara 54 (lima puluh empat) kelurahan yang ada di Kota Surakarta, dan salah satu diantara 7 (tujuh) kelurahan yang masuk dalam wilayah Kecamatan Serengan, Surakarta. Luas wilayah Kelurahan Tipes mencapai 64 hektare. Kelurahan ini memiliki kode pos 57154. Kelurahan Tipes terdiri dari 15 RW dan 69 RT, dan terdiri dari beberapa kampung antara lain Kampung Nirbitan, Kampung Puspan, Kampung Kemasan, Kampung Sutogunan, Kampung Citropuran, Kampung Semprongan, Kampung Mondorakan, Kampung Pringgolayan, Kampung Bangsilan, Kampung Diprotrunan dan Kampung Tipes.

Kelurahan Tipes berada di bagian barat daya Kota Surakarta yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dengan tapal batas Kali Jenes. Batas wilayah sebelah Barat dan Selatan berbatasan  dengan Kelurahan Cemani Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Kratonan Kecamatan Serengan Kota Surakarta dan sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Panularan, Kecamatan Laweyan. Kota Surakarta. 

Laporan Monografi Dinamis Kelurahan Tipes per Nopember 2019 menyebutkan bahwa Kelurahan Tipes dihuni oleh 12.162 jiwa yang terdiri dari 5.972 jiwa merupakan penduduk laki-laki dan dan 6.190 jiwa penduduk perempuan. Jika dihitung berdasarkan satuan kepala keluarga, ada sebanyak 4.053 KK. Dengan demikian, setiap keluarga di Tipes rata-rata terdiri dari 3 anggota keluarga. 

Visi Kelurahan Tipes yaitu Terwujudnya masyarakat Kelurahan Tipes yang maju dan mandiri, sedangkan Misi Kelurahan Tipes yaitu Meningkatkan pelayanan kpd Masyarakat, Mewujudkan kualitas sumber daya manusia, Meningkatkan budaya demokrasi dan kesadaran hukum, Mengembangkan ekonomi masyarakat, Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan lingkungan, Memfasilitasi, mendorong dan membantu penyelenggaraan Musyawarah/perencanaan pembangunan.

Ini selaras dengan visi Kota Surakarta "Terwujudnya Kota Surakarta yang berbudaya maju, mandiri dan sejahtera" dan misi Kota Surakarta yaitu Mewujudkan Masyarakat Surakarta yang 3 WMP (Waras, Wasis, Wareg, Mapan dan Papan) dan 5 Mantap (Mantap Kejujuran, Mantap Kedisiplinan, Mantap Pelayanan, Mantap Organisasi dan Mantap Gotong Royong)

Prestasi yang pernah diraih Kelurahan Tipes merupakan Kelurahan Terbaik Peringkat II Tk. Propinsi Jawa Tengah Tahun 2018

Yang menjadi unggulan di Kelurahan Tipes, diantaranya adalah pengrajin kain perca yang diproyeksikan menjadi pusat kerajinan kain perca, dan merupakan sentral pengrajin shuttlecock. Dibidang Administrasi Kependudukan Kelurahan Tipes saat ini telah mengantongi sertifikat ISO 9001:2015 dan melalui Surveyllance setiap tahun untuk Update.